Tepung Beras Merah

Ceritanya bunda kan beli beras merah buat MPASI Hamad dan dihitung-hitung beli tepung beras merah yang sudah jadi sama beli beras merah sendiri harganya beda cukup jauh kan lumayan bisa diirit.

Jadilah bunda beli beras merah untuk diolah menjadi tepungnya, mudah sih tahap awalnya: beras dicuci bersih, ditirisin, disangrai, ditumbuk trus diayak. Daripada ditumbuk pakelah blender yang kecil untuk menghaluskan beras merah dan ternyata ini tahap sangat-sangat memakan waktu. Ngeblendernya sedikit-sedikit dan sebentar-sebentar biar mesin blender ga kepanasan. Ga tau deh bunda ga sabaran jadi meskipun diayak, ga halus banget kayak tepung tapi masih berbutir seperti gula.

Mana bertaburan dimana-mana tuh tepung hasil ayakannya…

Bunda baru keingetan ga usah halus-halus ditumbuknya kan ntar dimasak pasti jadinya lebih lembut trus kalo kurang lembut buburnya kan bisa disaring lagi, bodohnya bunda.

Ada juga cara lain untuk menghaluskan beras merahnya yaitu digiling di penggilingan beras yang ada di pasar. Jadilah bunda ke pasar dengan membawa dua kantong beras merah dan beras putih masing-masing satu liter yang sebelumnya sudah dicuci bersih dan ditiriskan, cukup bayar ongkos Rp 2000/liter jadilah tepung beras yang halus. Untuk higienisnya sesampai di rumah bunda sangrai tuh tepungnya.

Bunda sengaja ga banyak-banyak menggiling berasnya karena kalo kebanyakan bisa apek dan berkutu, jadi sedikit aja lagipula menginjak usia 7 bulan kan sudah mulai makan yang bertekstur sedikit kasar.

Pantes aja kalo harga tepung beras merah lebih mahal daripada beras merah… usahanya itu lho repot bener.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s