Kantor baru

Udah lamaaa banget ga nulis diblog ini, serasa orang sibuk.

Tahun 2009 ini ada yang berubah di kehidupan bunda & ayah yaitu kantor baru, pekerjaan baru. Kantor Ayah ga jauh-jauh sih masih disekitar Jakarta Selatan, area Sudirman (impian bunda saat baru pertama kali ke Jakarta, hehehe ndeso banget deh). Jenis usahanya juga masih tentang otomotif (dari finance service, main dealer balik lagi ke finance service). Bunda yang berbalik 180 derajat dari swasta menjadi negeri.

Bunda harus banyak beradaptasi dengan lingkungan kerja baru sekarang karena bunda sebelumnya ga punya gambaran sama sekali mengenai kerja sebagai pegawai negeri (orangtua bunda kerja swasta dan wiraswasta) dan bunda lebih banyak mendengar stereotipe negatif mengenai pegawai negeri.

Sudah sebulan bunda kerja dan ini dia yang bunda temukan dan rasakan: Keahlian atau kesempatan yang berkurang…

  1. Korespondensi bisnis. Disini masih manual, tidak ada rutinitas cek email kantor di pagi hari lagi. Padahal sudah ada sistemnya lho cuma sayang belum berjalan. Jadi bunda hanya input data surat masuk, baca sekilas surat masuk, bikin disposisi (sumpah deh, baru nemu yang namanya disposisi sekarang ini dulu kuliah ga diajarin pula), ngefile.
  2. Bahasa Inggris. Dulu aja yang setiap hari baca email dari supplier, terima telepon mereka, baca katalog; bahasa Inggris bunda masih belepotan apalagi sekarang yang tidak pernah dipake.
  3. Bikin costing. Ini nih pekerjaan yang paling berat dampaknya kalau salah, rugilah perusahaan dan diomelin deh habis-habisan. Ibaratnya dari hulu hingga ke hilir bunda tau prosesnya, terutama hitung-hitungan ekonominya.
  4. Fotokopi. Peraturan kantor lama adalah dilarang nitip fotokopiin ke OB alhasil ahli deh urusan fotokopi sampai benerin kalo kertasnya nyangkut sekarang tinggal minta tolong hehehe.

Lagi belajar keahlian baru…

  1. Bikin agenda dan notulen. Dulu ga pernah yang namanya mengagendakan kegiatan bos, terserah dia lha wong dia yang punya kantor hehehe. Trus ga pernah ikutan meeting jadi ya ga bikin notulen dong. Tapi sekarang it a must! di depan meja ada whiteboard yang mencatat kegiatan bos dan staf, sekarang harus ikutan meeting, seminar, diskusi, dll.
  2. Tata bahasa Indonesia baku. Waktu bikin email ke supplier kan diusahakan ga terlalu berpanjang lebar yang penting jelas isi suratnya nah sekarang harus pake tata bahasa yang baku…alamak pusing!
  3. Singkatan. Ada banyak banget singkatan yang dipake, harus dibikin kamusnya nih.

Kantor baru…Semangat baru! Yihaaa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s