Weaning Time

Postingan kali ini mengenai weaning time alias waktu menyapih atau memberhentikan dengan sengaja secara berangsur-angsur masa menyusui ASI.

Bunda bukan hendak memberikan informasi mengenai cara-cara menyapih ya… kalau informasi non medik sih sudah bunda dapatkan dari para tetangga dan bunda tidak ikut-ikutan mempraktekkannya. Bunda sendiri berkeinginan memberikan ASI ke Hamad hingga usia 2 tahun sesuai sunnah Rasul tapi ternyata anak bunda sudah berhenti sendiri… huhuhu sedih rasanya 😦

Sebenarnya sudah lama Hamad berhenti menyusu tepatnya beberapa saat setelah ia sakit campak Jerman dan bunda sakit radang tenggorokan yang membuat bunda menelan banyak obat. Dihitung-hitung, konsumsi murni ASI hanya selama 6 bulan, kemudian 2 bulanan berikutnya ASI dicampur MPASI terus di awal tahun dengan sangat terpaksa dicampur dengan sufor.

Mengenai sufor sendiri sudah berganti merek dari C***D M**L menjadi D****W 1+ alasan utama adalah harga. Bunda bukan mengagung-agungkan merek sufor tertentu yang harganya mahal banget, iklannya bagus padahal komposisinya sama. Bunda sudah melakukan perbandingan komposisi kedua merek sufor tersebut yang ternyata ga jauh bedalah. Eits, jangan langsung bilang bunda pro sufor ya! bunda tetap menjadi pendukung sejati ASI koq.

Balik lagi mengenai menyapih kalo ibu-ibu lain kebingungan bagaimana caranya menyapih, bunda malah kangen masa-masa menyusui saat mendekap tubuh mungil Hamad, membelai rambutnya. Dan saat menyusui itu seperti ada perjanjian tidak tertulis mengenai keringanan untuk sang bunda dalam mengkonsumsi makanan bahwa “bunda boleh makan banyak karena masih dalam masa menyusui” tapi sekarang bunda harus mengumumkan kepada semua orang bahwa “saya sekarang sudah tidak menyusui” jadi stop memberikan saya makanan berlebih (atau aduh please deh, gue pengen kembali langsing nih) 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s