Setelah Hamad Sekolah

Sudah menginjak bulan ketiga Hamad bersekolah di PAUD, banyak laporan dari simbak dan tante mengenai tingkah polahnya selama sekolah. Kapan ya ayah+bunda bisa melihat aktivitas Hamad di sekolah?

Kalau laporan dari simbak sih singkat saja (itu pun bunda bertanya terlebih dahulu) bahwa Hamad tadi di sekolah mewarnai, senam, ikut makan di sekolah. Selama 4 hari ini Hamad bunda titipkan ke tante Ika (adik bunda) karena simbak pulang kampung, terima kasih ya tante Ika sudah rela cuti demi menjaga Hamad 🙂

Laporan dari tantenya banyak banget, sebentar-sebentar telepon bunda dan di rumah cerita lagi. Jadi perkembangan Hamad setelah bersekolah :

  1. Minta dibuatkan gambar pesawat atau mobil ke gurunya untuk kemudian diwarnai. Proses mewarnai terserah dia mau… melewati batas garis obyek gambar, batas buku gambar hingga ke meja gambarnya 😀 Ayah+bunda pengen membelikan meja & kursi untuknya belajar.
  2. Untuk gerakan tari atau senam cenderung tidak langsung mengikuti tetapi hanya diam menonton teman-temannya (tipe pengamat nih). Setiap meminta diputarkan dvd kartun Pocoyo, Pororo ataupun menonton video balap mobil di Youtube dan dia merasa senang pasti akan terus meminta kita memutarkannya hingga bosan.
  3. Sebelum memulai kelas ada kegiatan baris berbaris dan Hamad terkadang tidak mau ikut masuk ke dalam barisan, masih keasyikan mengeksplorasi sekolahnya.
  4. Kesenggol sedikit atau ada yang berbuat nakal pasti langsung ngomong, “aduuuhhhh” *lebay.com* setiap habis kejedot, jatuh atau sesuatu yang membuatnya kesakitan selain ngomong aduh pasti langsung meminta kita untuk meniup ke anggota badan yang sakit dan biasanya setelah ditiup langsung berhenti menangis dan beraktivitas seperti sedia kala.
  5. Senang merapikan barang/mainan 🙂 . Di rumah masih suka melempar mainan dan memang senang membantu bunda diantaranya ikut ngerusuhin menyapu lantai, mencuci piring, menuangkan air putih dari dispenser ke botol susunya, menaruh pakaian kotor ke ember.
  6. Bersedia maju ke depan tetapi tidak mau bernyanyi. Di rumah, Hamad sering bersenandung cicak-cicak dan pok-pok.
  7. Jaga image, tampil kalem didepan guru, teman-teman dan para orangtua yang mengantarkan anaknya. Padahal kalau di rumah sama sekali tidak kalem.
  8. Lebih memilih berangkat ke sekolah dengan naik sepeda bersama tante daripada diantar ayah+bunda menggunakan motor. Bunda lihat sih kenapa dia memilih sepeda karena best view, di sepeda kan duduknya didepan sehingga bisa melihat jalan dengan jelas.
  9. Pulang sekolah seringnya langsung tidur. Ya, sekolah membuat jadwal tidur paginya bergeser dari biasanya sekitar jam 9 pagi dan mungkin capek juga beraktivitas di sekolah sehingga lelah dan ngantuk.
  10. Jarang bermain dengan teman sebaya satu gang. Penyebabnya Hamad semenjak sekolah jarang bermain di luar rumah sedangkan teman sebaya satu gang tidak ada yang sekolah PAUD tapi tetap senang koq kalau temannya berkunjung ke rumah untuk mengajak main. Sekarang Hamad juga sudah mempunyai rasa memiliki akan mainannya jadi kadang terjadilah perebutan mainan.
  11. Dari awal bersekolah, bunda bersyukur Hamad sama sekali tidak rewel malah jadinya terkesan cuek saat salaman dengan ayah+bunda karena matanya sudah tertuju kepada mainan dan teman-temannya di sekolah. Mau berangkat sekolah saja seringnya memaksa kita untuk cepat-cepat berangkat 🙂
  12. Setiap hari ada PR seperti mewarnai atau menulis huruf/angka. Selama ini bunda tidak memaksa Hamad untuk langsung bisa dan mengerjakan PRnya tersebut karena bunda pikir belum waktunya. Hamad sudah memegang pensil/krayon dan mulai mencoret-coret pun sudah bikin bunda senang 🙂
Advertisements

4 thoughts on “Setelah Hamad Sekolah

  1. mengenai PR sy juga gak pernah maksain bun.. Pernah sih sekolahnya ngasih PR, walopun sangat jarang. Tp sy gak pernah maksa, malah sy yg minta ke gurunya untuk ngertiin kalo anaknya lagi gak mood bikin PR 🙂

    Like

    • setiap hari kecuali Rabu dapat PR seperti menulis angka/huruf, mewarnai dan mengerjakannya dibantu (tangan Hamad dipegangin tapi kalau mewarnai sih ga).
      kalau lagi ga mood, ya sudah tidak dipaksakan.

      Like

  2. bunda belum pernah liat hamad sekolah? aku alhamdulillah karna kantor deket, jadi suka curi waktu barang setengah jam buat liat zikra disekolah. zikra baru jalan sebulan nih sekolahnya.

    beda dengan hamad, kalo zikra gak seneng mewarnai. dia malah coret2 objeknya sampe ke tangan2nya. pas waktu senam juga gak ikutan, cuma ngeliatin hihi sama ya dengan hamad. trus waktu bermain sukanya main sendiri dikuda lumping kelas sebelah. gak mau naik perosotan atau seesaw bareng anak lain. tapi overall zikra cukup enjoy disekolahnya. dan udah bisa ditanya dikit2 sama gurunya. tapi gak pernah dikasi peer tuh, aneh juga. cuma bundanya aja yang inisitiap ngulang pelajaran tadi atau nambahin dengan yang baru:p

    bunda kalo penasaran cuti aja 1 hari khusus ngeliat hamad hehe. kiss kiss buat hamad ya:)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s