Review Buku: Mengelola Keuangan Keluarga

Bunda sudah lama gak beli buku, sekalinya beli bukan buku yang disukai pulak 😀 tapi berhubung derasnya informasi di twitter mengenai perlunya mengelola keuangan, perlunya menyiapkan dana pendidikan/dana pensiun, perlunya investasi, dll… duh ini semua bikin bunda merasa perlu belajar mengelola keuangan keluarga dengan baik. Sayang dong kalau kita sudah tau informasi yang berguna tapi tidak bisa memanfaatkannya?

Oke, singkat kata bunda ke Gramedia Matraman demi mencari buku yang menuliskan cara mengelola keuangan keluarga dan sesampainya di rak buku langsung bingung oalah banyaknya judul buku keuangan dan ternyata salah satunya ditulis oleh rekan kerja (sayangnya, sampai sekarang belum dapat gratisannya *ngarep*). Hampir semua Perencana Keuangan tuh menulis buku jadi pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan bahasanya mudah dicerna.

Akhirnya bunda memilih buku Mengelola Keuangan Keluarga  yang ditulis oleh Safir Senduk harganya Rp 28,000 saja. Setelah tuntas membaca dan mengaplikasikan menyusun anggaran dan lainnya baru deh bunda review buku ini. Berikut review ala Bunda 🙂 :

  1. Buku Mengelola Keuangan Keluarga (MKK) ini ditulis pada tahun 2000, lama juga ya sudah 10 tahun yang lalu.
  2. Buku kecil seukuran komik berwarna ungu dengan tebal 205++ halaman ini mudah dibawa kemana-mana jadi bisa dibaca saat senggang, macet atau sambil menunggu antrian.
  3. Buku ini terdiri dari 10 bab langkah-langkah mengelola keuangan keluarga dengan dilampiri formulir kosong dan tabel hitungan untuk digunakan.
  4. Buku ini diawali dengan pengenalan profesi Perencana Keuangan alias halaman promosi diri 🙂 etapi hampir semua Perencana Keuangan memang mempromosikan dirinya di buku mereka.
  5. Buku MKK menjelaskan prinsip dasar dalam mengelola keuangan itu harus mengetahui tujuannya apa? kemudian apa yang harus dilakukan untuk mencapainya.
  6. Menurut bunda, bahasa buku MKK ini mudah dicerna sehingga awam sekalipun bisa langsung paham apalagi disertai contoh kasus. Buku MKK ini masih membahas pengelolaan keuangan keluarga secara global jadi bagi yang ingin lebih tahu mengenai Dana Pendidikan, Dana Pensiun atau Jenis Investasi bisa membeli buku yang secara khusus membahas hal tsb.
  7. Bagi pemula dalam mengelola keuangan keluarga, buku ini sangat bunda rekomendasikan daripada mendapatkan informasi sepotong-potong dari internet maupun twitter.

Setelah membaca buku MKK sebaiknya langsung mengaplikasikan dengan mengisi formulir yang disediakan sehingga mendapatkan gambaran mengenai kondisi keuangan keluarganya.

Tips dari Safir Senduk dalam mengelola keuangan keluarga adalah dengan duduk bersama pasangan kita dalam menyusun anggaran, menentukan tujuan pengelolaan keuangan keluarga, dan menentukan langkah berikutnya. Kalau bunda lain lagi caranya yaitu bunda sudah menyusun anggaran dan rencana keuangan keluarga lalu nanti dipresentasikan ke ayah 😀

Oke, next step adalah belajar investasi Reksa Dana 🙂 sudah dapat informasinya di thread forum tinggal dibaca pelan-pelan atau beli bukunya saja 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s