Jogja Trip

Biarpun trip ini urusan kerjaan tapi gapapa ya dibikin ala holiday trip 😀 *turis gak modal*.

Jadi kemarin itu, saya dan rombongan kantor ke Jogja selama 3D2N. Persiapannya? Paling ribet diurusan “bawa baju apa ya?” *lirik @murniyaa* ada juga sih browsing destinasi wisata di Jogja dan tak lupa wiskulnya tapi dipikir-pikir lagi ntar kecewa kalo sudah mabok browsing trus gak dilaksanakan jadi ikut kata rombongan deh *gratis kok riwil?*.

Here we go…
Jogja Day 1
Sampai di bandara Jogja menjelang waktu makan siang maka dengan mobil sewaan kita langsung menuju Soto Kadipiro 3. Sotonya enak mirip Soto Bangkong khas Semarang tapi agak hambar jadi ngeracik bumbu sendiri saja. Setelah makan siang lanjut ke Candi Borobudur. Kita sempatkan pula untuk sholat dzuhur di masjid pesantren (lupa namanya), uniknya air di tempat wudunya menggenang banjir gitu dan terasa nyesss dingin di kaki. Mana saya gak perhatiin jadi main injak akhirnya basah deh celana. Ke Candi Borobudur ini sudah ketiga kalinya, dulu study tour SMP rasa penasaran dan kagum masih tinggi akan relief dan stupa, sekarang? Cuma buat foto-foto *jitak* duh, alay dan narsis ini laten ya :P. Oiya akibat gempa maka ada beberapa bagian candi yang rusak :-(. Jiwa emak-emak terpanggil deh buat beli cobek asli batu gunung yang dijual sepanjang jalan menuju candi tapi kan berattt…

Dari Candi Borobudur kita menuju hotel tapi mampir dulu deh ke Karita, fashion muslim store lengkap di Jogja. Niatnya beli mukena Karita yang terkenal bisa dilipat sekecil mungkin tapi akhirnya belanja inner spandex (gak suka inner kaos, melar), kemeja bunga-bunga dan baju renang. Jauh-jauh beli baju renang soalnya pas cek harga kok lebih murah daripada di Jakarta. Tapi emang ya belanja di Karita ini enak banget, harganya terjangkau (dibanding butik hijab di Jakarta), memang ada beberapa barang yang saya lihat dijual di Thamcit dan kebetulan lebih mahal. Kalo gak diingat masih ada 2 hari lagi di Jogja bisa kalap belanjanya :D.

Sampai hotel kita istirahat sebentar dan keluar lagi buat cari makan malam. Restoran Gadri dipilih buat makan malam karena pengen merasakan masakan yang biasa dimakan raja. Uwuwuwuwu… *eh salah ya ekspresinya* jadi rumah adiknya Sultan diubah menjadi restoran dan pernak-pernik rumah yang unik pun dipajang menghiasi restoran ini. Sebelum pesan menu, kita asyik lihat-lihat dan foto-foto *teteup*. Cobain nasi blowong dan bir jawa deh! Enak. Nasi berbumbu trus ada telur pindang, ayam goreng sama daging sapi dan peyek kalau bir jawa ya minuman rempah seger semriwing gitu. Petualangan hari ini belum selesai karena masih ada 1 kegiatan lagi. Biarpun makan malam ala raja tapi kita tetap down to earth dengan main sepeda odong-odong keliling Alun-alun Selatan (itu loh yang suka tes jalan melewati 2 pohon beringin dengan mata tertutup). Sewa sepeda odong-odong yang bisa dinaiki 4/5/6 orang ini adalah 1 kali putaran Rp 25,000, 2 kali putaran Rp 40,000 dan 3 kali putaran lebih murah lagi. Cari sepeda odong-odong yang full music alias ada speaker aktif yang selain pake playlist abangnya juga bisa dicolokin ke hp/gadget kita. Sebenarnya ya IMO Alun-alun Selatan ini kurang semarak deh cenderung gelap dan gak menarik, masih bagusan simpang lima Semarang.

Jogja Day 2
Di hari kedua ini kita keluar kota Jogja lagi menuju Kali Adem, Candi Prambanan dan Keraton. Buat yang belum tau Kali Adem adalah lokasi yang terkena erupsi Gunung Merapi, itu loh kampungnya Alm. Mbah Maridjan. Namanya juga menuju gunung jadi enaknya kaca mobil terbuka buat menikmati udara segar. Sampai di Kali Adem disuguhi pemandangan indah, abu gunung itu menyuburkan tanah tapi masih ada sisa bangunan rusak. Harusnya lagi sesampai di Kali Adem ambil paket tour yang disediakan untuk melihat lebih dekat lagi lokasi makam Mbah Maridjan, pilihannya bisa naik mobil jeep, motor trail, ojek atau jalan kaki kurleb 10km. Dari Kali Adem kita mampir ke desa wisata Pentingsari, desa yang memperoleh dana PNPM Mandiri ini dikembangkan untuk wisata alamnya terlihat beberapa anak sekolah yang sedang outbond. Pasti senang deh anak kota kalau ke tempat seperti ini. Sebelum melanjutkan perjalanan ke Candi Borobudur kita sempatkan makan siang di RM Sabar Menanti, bukan khas Jogja lebih ke restoran singgah gitu, modelnya prasmanan.

Pas di Candi Prambanan pas terik banget tapi kita sih teteup foto-foto 😛 disini lebih banyak kerusakan yang disebabkan oleh gempa 😦 dibandingkan Candi Borobudur, Prambanan lebih rapi gak ada tuh kita dipepet terus sama pedagang asongan. Acara ke Keraton terpaksa diundur karena keburu tutup, gantinya kita ke museum kereta dan Taman Sari. Di museum kereta bisa melihat kereta kuda raja yang berusia 200 tahun lebih! Sedangkan di Taman Sari kita bisa melihat pemandian para selir raja dilanjutkan ke masjid tersembunyi lewat goa. Kagum deh orang jaman dulu tuh canggih ya!. Sebelum balik ke hotel kita sempatkan buat belanja kaos Dagadu. Saya beli kaos untuk suami dan anak-anak (biar kembaran).

Makan malam kali ini kita coba makan bakmi jawa di Bakmi Pak Pele di dekat Alun-alun Utara. Karena pake telor bebek jadi amis tapi namanya laper ya habis juga :P. Hari ini ditutup dengan jalan-jalan ke Malioboro. Agak kemalaman karena sebagian sudah tutup tapi tetap sempat belanja batik dan kaos untuk ART. Pulangnya kita naik andong, seru deh karena sempat kejar-kejaran dengan andong lain jadi berasa banget ada moncong kuda dipunggung kita.

Jogja Day 3
Hari terakhir, sudah dikangenin anak. Karena kemarin gak sempat ke Keraton jadi pagi setelah sarapan kita langsung ke Keraton, untung datang pagi karena hari itu ramai rombongan wisatawan. Kita pakai guide tapi ada kalanya terpisah (keasyikan foto) dan ada rombongan lain yang nebeng guide. Berhubung masih ada waktu kita mampir ke Mirota buat genepin belanjaan 😀 malah @murniyaa sempat nyebrang ke Pasar Bringharjo. Di Mirota cukup beli gorden dan shawl batik malah beli dress batik lucu buat Ghita nemunya di depan Mirota.

Off to Jakarta! Eh tau gak? Ongkos pulang ke rumah dari bandara kali ini sejarah deh saking iritnya 😛 bukan nebeng orang ya tapi dari Damri lanjut metro mini dan becak. Total cuma Rp 28,000 saja 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s