In Memoriam

Postingan sedih 😦

Dulu waktu kerja di perusahaan swasta, saya mengalami kehilangan bos besar. Beliau meninggal dunia di hari pernikahan saya, memang manusia hanya bisa berencana tapi takdir berkata lain. Itu pun beliau jatuh sakit disaat istrinya sedang koma dalam waktu cukup lama. Kita semua membayangkan istri bos besar yang akan duluan menghadap dan kita semua sedih membayangkan saat istri bos besar sadar bahwa suaminya telah tiada. Untuk pertama kalinya saya melayat ke rumah duka RS PGI Cikini dan berkesempatan melihat almarhum bos besar untuk terakhir kalinya sebelum dikebumikan di San Diego Hills. Kita mengenang beliau sebagai seorang bos yang baik, beliau sudah pernah menjalani operasi bypass jantung tapi semangat kerjanya tetap tinggi malah beliau masih cukup sering menyetir sendiri mobilnya di usia lanjut (70 tahunan).

Walaupun bukan sekretarisnya langsung tapi saya mendapatkan banyak pengetahuan khususnya semangat hidup sehat dan beriman. Pernah saya sampai menitikan air mata saat beliau mendiktekan surat kepada rekanan bisnisnya karena kata-kata yang disampaikan sangat menyentuh perasaan.

Kehilangan yang kedua baru saja terjadi saat rekan senior saya meninggal dunia. Beliau meninggal dunia di Australia di saat sedang menempuh pendidikan S3. Baru 7 bulan beliau menjalani kuliah S3. Terpisah dari istri dan kedua anaknya (dua putra, yang pertama sudah kelas 3 SD dan yang kedua baru berusia 7 bulan). Semakin sedih saat saya dan teman-teman melayat ke rumahnya, betapa tegar dan tabahnya istri beliau. Apalagi sebelumnya mereka memang menjalani LDR cukup lama.

Kami mengenang beliau sebagai sosok yang baik, berdedikasi, teman becanda, tidak sombong walaupun sudah eselon 3. Sudah dua hari ini kami bahkan atasan kami turun langsung berkoordinasi dengan pihak konjen RI di Australia dan pihak lainnya. Saya dan teman-teman pun sampai mengukur ruang dalam mobil ambulance jenazah untuk memastikan peti jenazah muat diangkut. Ternyata sangat rumit dan ribet pengurusannya, banyak tahapan prosedur yang harus dilalui. Semoga segala urusan ini dimudahkan sehingga almarhum dapat segera kembali ke tanah air untuk dikebumikan.

Leave a Reply

