Oh Bunga Kredit

Selesai mendapatkan IMB langkah berikutnya adalah mengajukan Kredit Bangun Rumah (KBR) ke bank.

Googling informasi tentang KBR, tidak semua bank mempunyai layanan KBR kebanyakan KPR atau KPR Multiguna. Nasib banget di tahun 2014 ini suku bunga kredit lagi tinggi *hiks*.

Suku bunga dasar kredit (SBDK) atau prime lending rate bisa dilihat di website masing-masing bank atau di BI atau OJK (sayang datanya belum update). Nah, dari situ mulai deh telpon/datangi bank yang dituju dengan membawa dokumen yang lengkap (biasanya dokumen yang diperlukan oleh setiap bank hampir sama kok).

Yang bikin bingung SBDK/PLR dari bank tersebut belum bisa dijadikan patokan karena cenderung lebih tinggi 1 point dari SBDK. Anehnya lagi SBDK tersebut tidak berlaku untuk 1 tahun berjalan *cmiiw* soalnya ada masukin aplikasi ke salah satu bank yang awalnya memberikan bunga kredit 10% etapi begitu mau proses persetujuan menjadi 12% alasannya ada kenaikan suku bunga padahal SBDK yang dicantumkan di website belum berubah. Ishhh… memang gitu ya bank bisa seenaknya menaikkan suku bunga? Dengar-dengar kalau SBDK BI turun pihak bank sengaja lama menurunkan suku bunganya? Dimana keadilan…
Oiya ada lagi, ada bank pemerintah yang menghentikan layanan KBR karena banyak disalahgunakan oleh beberapa pihak seperti agen properti karena mereka bangun rumah bukan untuk ditempati tapi untuk dijual lagi. Yang rugi kan, kita-kita yang beneran butuh KBR. Duh ini bikin KZL BGT.

Jadi sekarang kami sedang mencari bank dengan suku bunga dan cicilan kredit terjangkau. Doakan kami ya! πŸ™‚

Advertisements

4 thoughts on “Oh Bunga Kredit

  1. halloo mbakk..moga sukses ya cari KBR-nya..rencananya sy tahun dpn mau ambil KBR jg, boleh dishare tips2 nya yaaaa πŸ˜€
    makasiii

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s