Dinding Retak Rambut

image

Sedih deh baru bangun rumah dan menemukan beberapa retak rambut di dinding rumah, masa harus dibongkar? Dikira mainan lego -__-“.

Nah, makdarit bertanyalah saya ke pakar soal rumah yaitu @tabloidrumah, kalo tanya ke milisnya sudah gak rame.
Jadi, bagaimanakah solusi mengatasi retak rambut? Tambal bagian yang retak dengan mortar acian instan. Gampang kan? Eh kata siapa gampang? Sampai sekarang pun belum dilaksanakan karena gak cuma modal mortar acian instan tapi juga harus beli cat dasar dan cat dinding. Dindingnya kan gak cuma 1 warna šŸ˜¦ .

Bisa juga pake cara cepat menutupi retak rambut (copas dari wesite tabloid rumah) seperti ini:

1. Aplikasikan cat bermotif pada dinding. Cat efekĀ washed, ragged, atau efek lainnya akan menyamarkan retak-retak di dinding, karena warnanya sendiri sengaja dibuat tidak rata. Dinding bermotif dapat menjadi aksen yang menarik pada ruang. Yang harus diingat, jangan mengaplikasikan cat efek berwarna tua ke seluruh permukaan dinding, karena akan membuat ruang tampak terlalu ramai dan penuh.

2. PasangĀ wallpaperĀ pada dinding.Ā WallpaperĀ akan menutup permukaan dinding dengan sempurna, sehingga retak-retak pun tidak tampak. Saat iniĀ wallpaperĀ tersedia dalam berbagai motif dan warna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan ruang. Jika ingin memasangĀ wallpaperĀ ke seluruh permukaan dinding, pilih warna dan motif kecil agar ruang tetap terasa lega.

3.Gunakan panel dinding. Panel dinding menutup dinding retak dengan sempurna. Panel dapat dibuat sendiri, atau membeli panel yang sudah jadi. Bahannya pun bermacam-macam, mulai dari kayu hingga uPVC.

Terima kasih atas informasinya @tabloidrumah šŸ™‚ *simpan dulu buat arsip*

Selamat mencoba ya!

update! Layaknya sebuah penyakit maka saya mencari second opinion atas permasalahan dinding retak rambut melalui google, forum kaskus dan youtube. Obatnya ternyata bukan mortar acian instan tapi wall filler atau lebih dikenal sebagai dempul dinding. Alasan lainnya memilih wall filler adalah karena ada kemasan ekonomis sedangkan mortar acian instan kemasan besar sayang banyak sisa. Beli wall filler di Mitra10 biar bisa baca ingridients dan kegunaannya lebih leluasa ya kalau di toko bangunan pasti ada yang kasih opini lain lagi. Merek yang saya beli adalah MATEX produksi Nippon Paint, kebetulan cat rumah pake merek tsb. Cara pemakaiannya tertera di kemasannya. Gampang kok pengerjaannya dan saya senang sekarang dinding rumah terlihat lebih baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s