Bersahabat dengan Kopi

image

Sudah lama beli mokapot di ottencoffee tapi belum sempat dipakai juga.

Jarang ngopi juga sih sebenarnya… Dulu sempat rajin bikin mocha mix sekarang males. Palingan ambil kopi sachetan yang ada di rumah biar gak ngantuk pas libur kerja.

Masalah lainnya minum kopi setitik bikin susah tidur semalaman 😥 trus kadang jantung berdebar. Jadi bisa gak ya saya bersahabat dengan kopi?

Kabarnya kandungan kafein dalam kopi yang bikin jantung berdebar. Trus saya nemu postingan di instagram @iniyusing sang arsitek yang hobi ngulik makanan dan kopi tentang temannya yang gak bisa ngopi karena jantung berdebar. Begini saran beliau:

Cobain jangan kopi kemasan. Karena umumnya robusta yang banyak kafeinnya. Cari kopi arabika yang sangrai gelap/dark roasted/italian roasted karena kafeinnya tinggal dikit. Coba cari di starbucks yang saya tahu pasti masih jual kopi sangrai gelap. Tapi banyak2 makan buah dan sayur yang ph nya basa. Agar ph tubuh lebih seimbang. Karena kopi ph nya cukup asam. Kalau ditubruk cobain 2.5-3.5 menit saja. Maksimal 4 menit. Lalu saring. Bubuk jangan direndam terus agar kafein tidak terus keluar.

Hmm… Kapan-kapan cobain sarannya deh. Lagipula cita-cita punya mesin kopi macam Delonghi Icona Vintage ECOV 310 😍😍😍

Advertisements

3 thoughts on “Bersahabat dengan Kopi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s