Banjarmasin Trip

 

 

img_20160622_165400.jpg

Sejak tahun lalu selalu kebagian DLK pas bulan ramadan, lemes kakak… tapi alhamdulillah sih uang sakunya πŸ˜‚.

Kali ini ke Banjarmasin, first time nih. Kebagian nyari hotel dan rental mobil. Untung ada teman kuliah yang asli sana bantuin cari rentalan walaupun kondisi mobil kurang oke dan supir yang kurang informatif. Trus hotel sih standar ya tapi rasanya menu sahurnya terbatas banget gak ada variasinya.

Sudah cukup komplennya sis? Hehehe… untungnya hal lainnya menyenangkan seperti jajan di Pasar Wadai, pengen borong cemilan bukaan deh dan ini mengingatkan akan kenangan waktu di Balikpapan dulu.

Yang seru juga adalah kunjungan ke Museum Lambung Mangkurat dan Rumah Adat Banjar. Museumnya terawat apik berisi sejarah Banjarmasin dan Rumah Adatnya keren banget karena apa? Terbuat dari kayu ulin seluruh bangunannya! Ih gila deh kayu ulin tuh tak lekang dimakan jaman, tampilan boleh buluk tapi kekuatannya jangan ditanya. Dulu waktu di Balikpapan rumah sewaan kami lantainya terbuat dari kayu ulin yang semakin sering dipel semakin hitam eksotis dan tetap kuat dong makanya sering disebut juga kayu besi. Oiya, selain material bangunan rumah adat yang keren ada pula koleksi gerabah, keramik yang super vintage, pengen minta bawa pulang deh.

Kuliner Banjarmasin pun enak walaupun ada rasa manis di masakannya dan ada pengaruh masakan Arab/Melayu. Beli nasi briyani di pasar wadai rasanya enak, murah, porsi berlimpah.

Setiap DLK pasti tak lupa beli oleh-oleh, atas rekomendasi dari teman yang asli Banjar untuk tak lupa membeli teh celup Gunung Satria. Jadi selain beli kuku macan dan amplang, saya pun membeli teh celup tersebut. Sebenarnya untuk pilihan belanja oleh-oleh sudah bergeser gak pengen beli makanan mulu, pengen beli home decor accessoris khas Banjar seperti kerajinan rotan dan anyaman sayangnya tidak dijumpai di toko oleh-oleh (katanya ada di Martapura). Tak lupa juga beli kain sasirangan untuk mamah.

BTW, setiap DLK ini juga bersamaan dengan acara Bazaar Korpri di kantor. Nanti diceritain di postingan berikutnya ya…

Advertisements

One thought on “Banjarmasin Trip

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s