Cara Mengurus Perubahan Data Paspor

Sebagai pembuka postingan saya mau cerita pengalaman bikin paspor via aplikasi android Antrian Paspor. Langkah pembuatan paspor via aplikasi antara lain:

1. Install aplikasi Antrian Paspor di handphone android dan daftarkan diri anda di aplikasi tersebut (cukup isi username, password, NIK, nomer telepon, email dan alamat).

2. Login dan pilih kantor imigrasi pembuatan paspor. Untuk sementara baru di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, ULP Wilayah 1 dan ULP wilayah 2. Saya memilih ULP Wilayah 1 karena cukup dekat dari rumah (padahal setelah berangkat ke sana teemasuk jalur macet 😌). *Update informasi: sekarang ada 26 kantor imigrasi termasuk Jaktim, Jakut, Jakbar, Bandara Soetta, Depok, Bandung, Surabaya, Makassar, dll.

3. Isi data permohonan antrian paspor. Pilih tanggal dan waktu serta jumlah pemohon (nanti akan terlihat kuota tersedia).

4. Di tab jadwal akan terlihat jadwal pembuatan paspor sesuai pilihan dan qr code untuk dipindai oleh petugas imigrasi.

5. Persiapkan fotokopi dokumen (KTP, Kartu Keluarga, Akta Lahir, Buku Nikah, Ijazah) sebelum datang ke kantor imigrasi.

6. Di kantor imigrasi, tunjukkan qr code ke petugas untuk mendapatkan nomer antrian dan isi formulir yang ada. Setelah dipanggil antriannya kita akan ditanyai oleh petugas untuk konfirmasi data dan pengambilan foto dan sidik jari.

7. Untuk pembayaran biaya pembuatan paspor melalui transfer/setor ke kas negara. Bukti pembayaran jangan sampai hilang ya.

8. Waktu pembuatan paspor sekitar 3 hari kerja dan paapor dapat diambil siang/sore hari. Kembali ambil nomer antrian tapi cuma sebentar kok. Selesai deh.

Terus kenapa saya mau cerita tentang perubahan data paspor? Ternyata nama saya antara akte lahir dan dokumen berikutnya berbeda, di akte hanya 2 kata di dokumen lain 3 kata. Jadi kurang spasi saja tapi bikin pusing karena saya sudah terlanjur beli tiket menggunakan nama 3 kata. Kalau ganti bakal kena charge lumayan. Trus aku kudu piye?

Pertama, saya browsing informasi mengenai prosedur ganti nama di paspor dan menemukan berbagai hasil seperti prosedur yang lama dan ribet. Tambah ketar-ketir dong meskipun rencana perjalanan masih lama tapi kan bikin khawatir. FYI, saya belum sempat ambil paspor karena kebetulan saya DLK. Sebagai antisipasi saya sudah bikin draft surat pengajuan proses perubahan data paspor dilengkapi dengan dokumen pendukung.

Pas hari H ambil paspor, sekalianlah saya bawa dokumen pendukung tersebut. Syukur-syukur bisa langsung diproses kan? Meluncur dari kantor ke ULP Wilayah 1 menggunakan ojol, antri sebentar untuk ambil paspor dan sempatkan bertanya tapi jawaban petugas kurang memuaskan dan saya diminta mengurus perubahan data paspor ini di Kantor Imigrasi Jaksel di Mampang Prapatan. Karena dirasa waktu masih cukup waktu buka layanan lanjutlah saya meluncur dari Pondok Pinang ke Mampang Prapatan.

Di Kantor Imigrasi ini saya diarahkan ke loket informasi di lantai 2 lalu saya diminta isi formulir bermaterai 6000 yang tersedia di tempat fotokopi, dokumen dan paspor saya serahkan dan tanpa menunggu lama, selesai prosesnya. Trus apa yang berubah? Jadi di halaman ke-4 (halaman Catatan Pengesahan) disebutkan bahwa pemegang paspor ini bernama bla bla bla. Sudah itu saja tanpa cap Kantor Imigrasi, pas saya mintakan ibu petugas bilang tidak perlu. Ini rasanya campur aduk deh, karena dari baca informasi yang ada bisa memakan waktu 2 minggu lah ini cuma beberapa menit saja dan gratis. Alhamdulillah…

Tinggal menunggu waktu paspor saya dipakai nih, semoga tidak bermasalah di pihak imigrasi negara yang saya kunjungi. Wish me luck!

8 thoughts on “Cara Mengurus Perubahan Data Paspor

  1. Hallo kak, saya mau tanya, akte saya 3 suku kata, dokumen lain seperti ijasah,kk,ktp 2 suku kata, hanya spasi nya saja yg membedakan, sedangkan yg tercetak di paspor 3 suku kata, apakah bisa dilakukan perubahan paspor sesuai ijasah/ktp saja? Terima kasih

    Like

    • Hai Marvi…
      Dari pengalaman saya kemarin 2 kata menjadi 3 kata, kebalikan sama kamu dan memang cuma beda di spasi sepertinya bisa perubahan data paspor sesuai ijazah. Coba kamu bawa fotokopi ijazah TK/SD dan fotokopi KTP ke Kantor Imigrasi sesuai prosedur yang saya lalui. FYI, halaman pertama paspor tidak berubah, catatan perubahan nama hanya ada di halaman ke-4 di catatan pengesahan ya…

      Like

  2. Kak, apakah harus buat surat permohonan perubahan nama terlebih dahulu? Atau langsung isi formulir saja? Terima kasih atas bantuannya

    Like

  3. Kak saya sudah mengajukan perubahan tetapi ditolak, dengan alasan diterbitkan sesuai dengan data akte kelahiran, kalau mau ada perubahan menunggu masa berlakunya habis dulu 😞

    Like

  4. Saya domisili cakung kak, tapi saya buat paspor di jakarta utara, agak nyesel juga buat disitu, petugasnya gak ramah πŸ˜’

    Like

Leave a Reply

