TCVtrip2017 part 3 – Siem Reap

21 September 2017, setelah cuci muka (saya gak mandi lagi karena malamnya sudah mandi :D) dan sarapan kami berangkat dari hostel menuju Bangkok Bus Terminal (Chatuchak) untuk melanjutkan TCVtrip2017. BTW, sudah bisa nebak belum TCV singkatan apa? ๐Ÿ˜€

Untuk menghemat waktu, kami order uber ke terminal dan datanglah mobil Isuzu D-Max. Keren amat uber kami ๐Ÿ˜€ Ternyata setelah diperhatikan di Bangkok hingga pinggiran kota banyak sekali mobil sejenis pick up ini dengan beragam merek. Malah saya gak nemu Xenia Avanza :D. Sesampai di terminal kami menuju loket bis untuk check-in (Nunu sudah pesan by onlineย di 12go.asia sebelumnya). Sambil menunggu waktu mampir dulu ke mini market dalam terminal. Suasana terminal sih tergolong sepi, terminal lama tapi terawat dengan baik. Buat yang jomblo mungkin dipikirkan untuk mencari jodoh orang Thailand, semua fasilitas umum saja terawat masa iya hubungan cinta gak terawat #krik. Oiya, pas teng jam 8 pagi kami yang sedang duduk kaget oleh suara lagu kebangsaan dan otomatis semua orang beranjak dari bangku tunggu untuk berdiri sikap hormat, kami pun ikutan berdiri. Salut deh akan nasionalisme mereka!

Penumpang bis yang kami naiki mayoritas memang backpacker lintas negara jarang warga lokalnya. Perjalanan kami ini cukup lama sekitar 9 jam perjalanan, mirip deh pulang kampung ke Purwokerto via jalur Pantura ๐Ÿ˜€ karena masih ngantuk jadi kebanyakan dalam perjalanan ya dibawa tidur, sesekali berhenti untuk melihat pemandangan. FYI, operator bis yang kami naiki adalah Transport Co Intl. Pelayanannya bagus, kami dapat istirahat di pemberhentian sebanyak 2 kali, dapat makan siang, dibagikan Customs Declaration form, dikasitau petunjuk saat memasuki perbatasan. Profesyenel pokoknya!

Perbatasan Thailand dan Cambodia ini bagaikan langit dan bumi menurutku, begitu masuk teritori Cambodia ini agak lost sempat ada bule salah jalur dan kasih permen ke anak pengemis yang kemudian diikuti oleh teman pengemis lainnya. Terasa banget perbedaannya karena banyak anak jalanan, pengemis, dan suasananya agak tegang entahlah apa karena pas tengah hari panas kami dikumpulkan di satu ruangan berkipas angin, memandang keluar rasanya sungguh gersang padahal sebrang imigrasi adalah hotel Casino megah tapi jalannya masih jelek aspal bercampur debu tanah coklat, warga hilir mudik lewat menggunakan sepeda motor jadul dan takjublah saya melihat mobil Lexus, Camry wara-wiri. Kontras.

Sampai di Siem Riep kami diturunkan bukan di terminal tapi hanya semacam teras rumah warga. We (feel) got lost menginjakkan kaki di antah berantah mana suasananya mendung rintik, gloomy. Untungnya ada Roy, supir tuk-tuk kami yang sudah menunggu untuk mengantarkan kami ke hostel. Roy dengan ramah menyambut kami. Ternyata jauh-jauh kami ke Siem Reap eh ketemu banjir depan hostel, agak ngeri juga tuk-tuknya oleng atau mogok. Nasib… jadi kangen Pak Ahok kan… tapi masuk kamar hostel kami langsung selonjoran. Nikmat sekali…

Agenda kami hari ini setelah dihabiskan untuk perjalanan darat hanya mengunjungi night market di Siem Reap. Ternyata night marketnya rame bener kalah deh pasar kaget komplek ๐Ÿ˜€ banyak bule kongkow di pub, semakin malam muncul cabe-cabean lokal, banyak warga lokal lainnya, banyak turis asia juga, banyak pedagang souvenir dan tentunya penjual jus buah kayak jamur di musim hujan. Saya cuma beli gantungan kunci buat syarat kalo ditagih oleh-oleh dan nyobain mix fruit juice. Nunu beli coconut juice setelah dicicip mirip santan plus parutan kelapa :D. Di Siem Reap menggunakan mata uang USD (tekor deh kita karena minimal harga barang 1 USD) dan Riel. Tenang saja di Siem Reap ada Miniso tapi ya bayarnya USD dikembaliinnya campur Riel :D.

Sepulang dari night market kami kembali ke hostel untuk istirahat. Bulan September ini low season, jadi hostel pun sepi dalam satu kamar hanya kami bertiga. Cerita tentang Siem Reap dibagi 2 saja ya biar gak kepanjangan.

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “TCVtrip2017 part 3 – Siem Reap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s