Aceh Trip

Tanggal 16-18 Oktober 2017, saya ke Banda Aceh dalam rangka monev beasiswa jadilah kunjungan kerja ke Universitas. Gak usah diceritain soal kerjaannya, ada kok di artikel media online kampus πŸ˜€ Cerita selipannya saja bagaimana di sela-sela wawancara kerjaan bisa sambil jalan-jalan πŸ˜€

Oiya, berhubung Aceh menganut syariat Islam, saya agak was-was nih jangan-jangan nanti ribet. Nyatanya bayar hotel saja bisa gesek debit, gak ketemu tuh sama polisi syariat (padahal ngapain juga parno, kan gak melanggar apapun), ngeri masih ada sisa gerakan (padahal warkop dan mini market saja buka sampe malam, hampir 24 jam. Aman pokoknya), trus di kampus kan ada bertemu dengan mahasiswa asal Papua dan mereka bisa berbaur dan diterima lalu ada quote dari salah satu mahasiswa Papua begini, “awal saya di sini belum bisa menahan emosi. Orang Papua keras, orang Aceh juga”. Makanya jangan kebanyakan baca berita Jakarta nih. Suudzon saja sis!

Yang jangan sampai terlewat pastilah kuliner Aceh. Etapi jujur ya, selama di Jakarta dan Tangsel ini saya belum bisa sreg sama rasa mie Aceh, terlalu blenek berbumbu. Jadilah pas diajak makan di Mie Razali sempat terpikir, “ada menu lain gak ya?” eh ndilalah, enak banget! kuahnya pekat tapi bumbunya terkecap halus di lidah. Pantesan Pak Jokowi saja pernah makan di sini. Selain Mie Razali kami juga mencicipi nasi goreng Daus yang posisinya bersebelahan dengan Mie Razali, makan siang di warung makan Cut Mun (ayam tangkapnya enakkk). Oiya, kami juga sempat nongkrong di warkop Solong, obat kangen kopi Vietnam.

Selain kulineran kami pun mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman (masya Allah cantiknya) dan Museum Tsunami (merinding membayangkan peristiwa tsunami yang melanda Aceh, Al Fatehah).

Untuk oleh-oleh, saya beli tas bordir khas Aceh untuk mamah, peci untuk suami dan #1, tidak lupa beli kopi Aceh. Beli yang masih biji kopi biar lebih awet karena masih banyak stok kopi di rumah :D.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s